Langsung ke konten utama

Sekilas Tentang SD Integral

Sekolah Integral
Sekolah Integral merupakan sekolah yang memadukan antara program pengembangan dan pembentukan aspek anak didik yang kemudian diintegrasikan menjadi:
1.Integrasi keyakinan, pikiran dan tindakan;
2.Integrasi kecerdasan IQ, EQ, dan SQ;
3.Integrasi sumber pelajaran Aqidah, Syariah, dan Akhlak;
4.Integrasi lingkungan belajar sekolah, keluarga, dan masyarakat;
5.Integrasi tujuan taqwa, cerdas dan mandiri.

Visi
Excelent With Integral Character
(Unggul dengan Karakter Integral)

Indikator Visi
Unggul dalam karakter spiritual keagamaan
- Bertauhid kuat
- Berakhlak Qur’ani
- Beribadah tekun
- Berdakwah aktif
Unggul dalam bidang akademik
Unggul dalam penguasaan Al Qur’an
Unggul dalam bidang Bahasa Arab dan Bahasa Inggris
Unggul dalam life skill
Unggul dalam pelayanan



Misi
- Menyelenggarakan lembaga pendidikan dasar integral yang profesional, sehingga melahirkan generasi yang bertaqwa, cerdas, mandiri, dan berwawasan global;
- Berdakwah melalui pendidikan;
- Mengutamakan keteladanan dan kasih sayang;
- Membentuk lingkungan pendidikan yang Islamiah, Ilmiah dan Alamiah;
- Menyelenggarakan pengelolaan dan pelayanan sekolah yang unggul;
- Meningkatkan kualitas tenaga pendidik dan tenaga kependidikan yang berkarakter integral.

Tujuan
- Mendidik anak agar memiliki iman yang kokoh, berakhlak mulia dan tegak syariah dalam kehidupannya;
- Memiliki semangat bersaing dan berfikir dalam pengembangan ilmu dan pengetahuan;
- Memiliki dasar-dasar keterampilan sebagai bekal hidup secara mandiri;
- Memiliki jiwa kepemimpinan (leadership);
- Memiliki semangat dakwah.

Sistem Pendidikan
Sistem pendidikan disempurnakan dengan;
- Kurikulum Pendidikan Nasional (KTSP) dan Kurikulum Berbasis Tauhid (KBT);
- Menggunakan sistem Full Day School lebih terkontrol, terencana dan terarah;
- Kunjungan belajar dan praktikum;
- Pengenalan dan penerapan ITC (Information and Communication Tekhnology) sebagai persiapan menghadapi globalisasi informasi;
- Pembinaan akhlak dan akademik dilakukan secara seimbang dan intensif.

Metode & Strategi Pembelajaran
- Learning is easy and fun (Belajar adalah mudah dan menyenangkan);
- All can and will learn (Semua anak dapat dan akan belajar);
- Continous progress (Tidak ada anak yang berhenti belajar);
- Menekankan “Learn how to learn” (Belajar bagaimana belajar);
- Active learning (Belajar aktif atau berpusat pada siswa).

Komentar

  1. ini dia yang lama ditunggu2 umat manusia,, skolah yg dpat mngubah karakter n intelektual serta wawasan yang luas dngan asupan tauhid didalamnya,,

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

SD Integral Hidayatullah Palangka Raya

SD Integral Hidayatullah Palangka Raya adalah salah satu sekolah Integral Hidayatullah yang berada di bawah naungan Jaringan Sekolah Integral Hidayatullah Yayasan Pondok Pesantren Hidayatullah Palangka Raya Kalimantan Tengah. Didirikan pada tanggal 1 Juli 2009, Bertepatan dengan Hari Rabu tanggal 8 Rajab 1430 H. Yang berlokasi di jalan Danau Rangas (Jl. Cilik Riwut km 6,5) Komplek Pondok Pesantren Hidayatullah Palangka Raya Kenapa SD Integral SD adalah tingkatan sekolah dasar setelah tingkat taman kanak-kanak, untuk anak dengan interval umur 6 sampai 12 tahun. Sedangkan Sekolah Integral merupakan sekolah yang memadukan antara program pengembangan dan pembentukan aspek anak didik yang kemudian diintegrasikan menjadi: 1.Integrasi keyakinan, pikiran dan tindakan; 2.Integrasi kecerdasan IQ, EQ, dan SQ; 3.Integrasi sumber pelajaran Aqidah, Syariah, dan Akhlak; 4.Integrasi lingkungan belajar sekolah, keluarga, dan masyarakat; 5.Integrasi tujuan taqwa, cerdas dan mandiri. Visi Excelent With I

Taqwa

Oleh Rezky charisma Nurrochim (Kelas 2 tahun 2011/2012) Wahai manusia Bertaqwalah kepada Tuhanmu Yang telah menciptakan kamu dari diri yang satu Adam Dan Alloh menciptakan pasangannya Hawa Dari dirinya Dan dari keduanya Alloh memperkembangbiakkan Laki-laki dan perempuan yang banyak Bertaqwalah kepada Alloh Yang dengan namaNya kamu saling meminta Dan peliharalah hubungan kekeluargaan Sesungguhnya Alloh selalu menjadi dan mengawasimu

Kecerdasan Anak Tidak Terkait dengan Hasil Tes

Oleh ; Munif Chatib Pernahkah kita sebagai guru atau orangtua terjebak dalam situasi seperti  di bawah ini. Dengan tangan gemetar, anak kita memberi secarik kertas hasil ulangan harian matematikanya. Gemetar dan mulai terisak, sebab dapat nilai 5. Bayangkan! Pasti banyak dari kita yang juga gemas dan mungkin ikut menangis melihat hasil kerja anak kita. “ Ya Allah nak …ini tahun udah hampir 2010 matematika dapat 5? Sudah gak musim nak! Kalau kamu begini terus nanti kamu jadi apaaaaa!!! Biasanya adegan selanjutnya adalah anak dengan pasrah terdiam menampung amarah orangtua baik bola salju bergulir. Bahkan tidak sedikit yang berakhir dengan ‘pemukulan’ Saya sendiri heran, kejadian di atas ternyata masih banyak dialami oleh orangtua yang mempunyai background pendidikan yang lumayan tinggi, bahkan S2. Mengapa susah sekali memberi pemahaman kepada para orangtua bahwa kesuksesan dan kecerdasan anak kita sama sekali tidak terkait dengan hasil tes-tes standar. Mengapa tidak terkait?  Ada dua al